Home / ARTICLE / Membawa Power Bank dalam Pesawat Enggak Dilarang, Tapi Ada Aturannya

Membawa Power Bank dalam Pesawat Enggak Dilarang, Tapi Ada Aturannya

sumber:images.detik.com

Di jaman yang serba gadget, keberadaan Power Bank sangatlah vital. Fungsinya, tentu saja untuk mengisi ulang baterai gadget yang terus menyusut ketika sedang aktif digunakan. Mulai dari pebisnis di kursi pesawat Garuda Indonesia sampai pengendara ojek online, Power Bank adalah teman setia yang enggak boleh sampai ketinggalan di rumah.

Buat para traveler, yang hidupnya enggak bisa stay lama-lama di satu tempat, keberadaan Power Bank memang sangat dibutuhkan. Apalagi gadget menjadi salah satu kebutuhan utama bagi penggemar jalan-jalan. Bukan hanya sebagai peta, tapi juga untuk dijadikan jurnal, bahkan sampai alarm bangun tidur.

Nah, buat kamu yang sering bepergian dengan pesawat, perlu diketahui bahwa ada aturan ketat yang mengatur tentang Power Bank. Memang enggak semua maskapai melarangnya untuk dibawa masuk, misalnya ke kabin Garuda Indonesia. Akan tetapi sebaiknya kamu tahu dulu tentang regulasi Power Bank yang akan dibawa serta dalam penerbangan seperti yang tercantum di https://www.traveloka.com/garuda-indonesia.

Laporkan Kalau Membawa

sumber:@sitepu_cangkang
sumber:@sitepu_cangkang

Kalau membawa Power Bank dalam penerbangan, sebaiknya enggak usah menunggu ditanya petugas maskapai Garuda Indonesia. Begitu check-in, langsung laporkan bahwa dirimu membawa serta perangkat pengisian ulang baterai gadget.

Baca Juga: Wisata Kampung

Power Bank Harus Dibawa di Kabin

Maskapai Garuda Indonesia juga memiliki aturan bahwa Power Bank harus dibawa masuk dalam kabin, enggak diikutkan atau dimasukkan ke dalam bagasi pesawat.

Maskapai akan Mengacu Pada Peraturan Mereka

Selama Power Bank sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan, perangkat tersebut akan diijinkan untuk masuk dalam pesawat. Misalnya, Power Bank atau baterai lithium cadangan yang dibawa masuk nggak dihubungkan dengan perangkat, atau dengan kata lain, sedang tidak digunakan.

Selain itu Garuda Indonesia juga memberikan batasan Power Bank yang boleh ikut serta dalam penerbangan. Untuk perangkat pengisian dengan kapasitas maksimum 100 Wh (atau 20.000 mAh) boleh masuk kabin. Sementara untuk kapasitas 100 – 160 Wh (antara 20.000 hingga 32.000 mAh) harus dengan persetujuan maskapai.

Power Bank Wajib Memiliki Label Kapasitas yang Jelas

sumber:@gadtorade

Pastikan juga Power Bank dilengkapi dengan label kapasitas yang jelas untuk memudahkan pemeriksaan dari pihak penerbangan. Seandainya enggak ada, bukannya langsung dilarang, tapi akan dihitung berdasarkan rumus-rumus yang sudah ditetapkan. Untuk penghitungannya, serahkan pada pihak maskapai saja karena cukup rumit untuk yang awam dengan hitungan.

Batasan Jumlah Power Bank yang Boleh Dibawa dalam Penerbangan

sumber: mantrasenja.blogspot.com

Jumlah unit yang boleh dibawa oleh penumpang untuk kapasitas 0 – 100 Wh adalah 20 buah. Sementara untuk 100 – 160 Wh hanya diperbolehkan dua gadget saja. Pastikan Power Bank kamu enggak memiliki kapasitas di atas 160 Wh karena sudah pasti bakal dilarang ikut terbang.

Nah, sekarang sudah tahukan tentang aturan membawa Power Bank ke dalam pesawat Garuda Indonesia, kan? Ketahui kapasitas gadget pengisi ulang baterai kamu sejak dini. Pastikan juga supaya Power Bank yang kamu bawa tetap sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan maskapai penerbangan. Biar enggak jengkel gara-gara disita.

 

About Eka Siregar

Halo.. panggil Bang Eka aja ya.. pada dasarnya saya senang jalan-jalan, makan dan mengerjakan atau mencoba hal-hal baru. Nah, di sini saya coba bagi ke teman-teman apa-apa yang telah saya lihat, dengar, dan rasakan sendiri. Silahkan dibaca-baca ya..

Check Also

Menyelam dan menyelami

Menyelam dan menyelami adalah dua hal yang sangat saya suka dalam hidup saya. Baik dalam …

Cara Seru Libur Tahun Baru di Jakarta

Tahun Baru Tahun baru. Kayaknya sudah jadi 2 kata sakral dalam rentang waktu tahunan orang-orang …

5 comments

  1. Baru tau nih kalo ada batas maksimum bawa power bank, untung punya power bank ga lebih dari 10.000 mah, itupun belinya udah 4 tahun yang lalu dan masih awet sampai sekarang wkwk.

  2. Waktu naik citilink via traveloka tahun lalu belum ada regulasi tentang power bank ini. Mungkin karena hanya berbekal satu ransel yang juga dibawa ke kabin pesawat, yah Bang Eka? Terima kasih untuk informasinya.

  3. saya punya powerbank 10.000 mAh, bererti aman dibawa ke kabin mas, tapi saya jarang2 naik garuda, hahaha saya ambil yang maskapai agak murah, heheh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: